Umar Ahmad Nahkhodai HKTI Lampung

oleh -76 views

PANARAGAN—Sehari setelah terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung, Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad,SP pimpin langsung kegiatan field trip  di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai, Kamis (11/3/2021).

Sebagai ungkapan terimakasih mendapat kepercayaan memimpin HKTI Lampung, Bupati Tubaba dengan gaya khasnya ketika turun dilapangan, yang kerap berpakaian sederhana dengan celana cingkrang dan bersepatu snacker, menjamu para peserta Musda dengan langsung menjadi Pramuwisata atau Tour Guide untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata Tubaba.

Kegiatan yang juga diikuti oleh Ketua TP PKK Kornelia Umar, Ketua terpilih Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) HKTI Lampung H.Bachtiar Basri dan Isteri, Wakil Sekretaris Jendral DPP HKTI Pusat, sejumlah Pengurus DPP, DPD HKTI Provinsi Lampung dan 15 DPC HKTI se Lampung, mengunjungi kawasan Kota Uluan Nughik.

Destinasi wisata yang dikunjungi antara lain Kampung Badui, Taman Kebaikan Komplek Akademi Teknik Mesin dan Industri (ATMI), Komplek Rumah Panggung Ibu Desa, Las Sengok, pusat UMKM Pulung Kencana dan Pasar Modern Tubaba.

Decak kagum peserta dari berbagi daerah melihat perubahan Kabupaten Tubaba yang dimekarkan dari Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2008, atas pembangunan destinasi wisata berbasis budaya, membuat Ketua DPRD Lampung Barat (Lambar) yang juga merupakan Ketua DPC HKTI Lambar menjadi terpesona.

“Benar-benar berjiwa seni tinggi pak Bupati Tubaba, gak pernah terpikir saya ada yang seperti ini didaerah Lampung. Perpaduan arsitektur bangun tradisional dengan suasana lingkungannya dibuat serasi. Padahal tempat saya banyak sekali bebatuan, gak terbayang kalau bisa dibuat begini, luar biasa Tubaba Top. Mudah-mudahan Bupati Tubaba juga bisa buat HKTI Lampung Top,” ungkap Edi Novial saat berada di taman kebaikan.

Hal senada juga diungkapkan Irta Hanum Mahdur Ketua DPC Pesisir Barat, yang juga sangat mengagumi konsep pembangunan Bupati Tubaba Umar Ahmad.

“Kalau menurut saya memang pak Umar Ahmad bukan tipe orang yang banyak teori, beliau lebih ke praktiknya. Saya sangat kagum melihat perpaduan alam yang dibuat sedemikian rupa dengan pembangunan yang direalisasikan. Matching banget, saya saja yang bukan orang Tubaba ikut bangga. Tetapi saya dan kawan-kawan DPC HKTI se Lampung akan terus bangga dengan pak Umar Ahmad karena beliau telah menjadi Ketua DPD kami di HKTI Provinsi Lampung,” kata Irta Hanum Mahdur yang akrab dipanggil tante Irta.

Sementara itu, Bupati Tubaba dengan kebahagiaan yang dirasakannya dengan tampak energik, memberikan penjelasan disetiap tempat yang dikunjungi para peserta field trip.

Duduk dibersebelahan dikursi mobil milik Bachtiar Basri yang mengemudi kendaraan berpenumpang sebanyak empat orang yaitu Bachtiar Basri sebagai sopir, Umar Ahmad, Ny.Kornelia Umar serta Ny.Hasiah Basri, memandu para tamu DPP HKTI Pusat, DPD dan para Ketua DPC HKTI se Lampung menuju tempat-tempat destinasi wisata Tubaba.

“Atas nama Pemerintah daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Ketua DPD HKTI Provinsi Lampung yang terpilih, saya sampaikan terimakasih banyak atas waktu yang diluangkan para para pengurus HKTI untuk berada di Tubaba,” kata Bupati Tubaba mengakhiri karangkaian kegiatan Musprop HKTI Provinsi Lampung dengan kegiatan Fiel Trip.

Menurutnya meski tidak seluruhnya dikunjungi, peserta telah melihat sejumlah destinasi di Tubaba dengan karakteristik khas berbasis kebudayaan.

“Kegiatan ini semata-mata untuk membangkitkan dan meyakinkan kita semua dengan konsep pembangunan yang mengusung Filosofi Pulang ke Masa Depan dengan identitas yang dimiliki Tubaba. Kembali ke HKTI, kedepan kita akan memulai untuk Berjuang dan Bangkit bersama HKTI Lampung,” pungkasnya.(adv)