Tingkatkan Rumah Layak Huni di Lampung Tengah, Tahun 2021 Kementerian PUPR Salurkan BSPS Sebanyak 110 Unit Rumah

oleh -51 views

Lampung Tengah — Sebanyak 110 rumah warga tak layak huni di Kabupaten Lampung Tengah memperoleh Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2021.

Kabid Perumahan dan Pemukiman Lampung Tengah, Hendra Sanjaya S.TP mengatakan, program BSPS dari Kementerian PUPR merupakan Program Pemerintah Pusat yang lebih dikenal dengan bedah rumah, dan menyasar pada rumah warga yang tak layak huni. Untuk mekanisme penyaluran bantuan tersebut, dilakukan secara non tunai, yakni melalui transfer ke rekening penerima. Sehingga tidak ada celah praktik pemotongan dana oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

BSPS merupakan salah satu program padat karya yang bertujuan untuk membantu masyarakat tidak mampu memiliki tempat tinggal yang lebih layak huni. Rumah yang sebelumnya terbuat dari geribik bambu dibuat lebih permanen dengan material semen dan batu.

Di samping untuk memulihkan perekonomian masyarakat, program BSPS ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat agar dapat tinggal di rumah layak huni. Tinggal di rumah layak huni tentunya membantu masyarakat untuk terhindar dari berbagai penyakit termasuk COVID-19.

“Tahun 2021 Kementerian PUPR memberikan bantuan BSPS sebanyak 110 rumah warga tak layak huni di Lampung Tengah. “Untuk pelaksana kegiatannya dari provinsi, kita hanya sebagai penerima program BSPS,”kata Hendra.

Saat ditanya berapa nilai anggaran program bedah rumah tersebut, Hendra mengaku setiap penerima mendapat bantuan sebesar sebesar Rp 20 juta. Dana tersebut diterima masyarakat dalam bentuk bahan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang. Pemerintah juga menerjunkan tim pendamping masyarakat untuk mendampingi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan secara berkelompok.(Advetorial)