Stop Pungutan Liar, Pemkab Tubaba Rakor Lintas Sektoral

oleh -101 views

PANARAGAN—Upaya menekan pelanggaran hukum dalam tindakan pungutan liar (Pungli), Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengadakan Rapat Koordinasi Satuan Petugas (Satgas) Satuan Bersih (Saber) Pungli tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Tubaba, Senin (26/4) pukul 09.30 WIB turut dihadiri Sekda, Novriwan Jaya SP, Wakapolres, Tri Hendro Prasetyo, Kepala Inspektorat, Prana Putera, Pabung Kodim 0412/LU, Mayor Inf A. Sunarya, Kabag OPS, Dulhafid, Kasat Intel, AKP Tora Egen Sitompul, Kepala Kejaksaan Negeri Tulangbawang diwakili Oleh Kasi Intel, Leonardo Adiguna SH MH., dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Inspektorat Tubaba selaku Wakil Ketua Pelaksana Saber Pungli setempat mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintahan setidaknya terdapat 4 titik rawan penyelewengan atau pelanggaran hukum khususnya korupsi.

“Keempat titik tersebut yakni sektor pengadaan barang dan jasa, pelayanan publik dan perizinan, kepegawaian dan keuangan, serta beberapa praktik pungli masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, atas dasar pertimbangan, sudah seharusnya diperlukan upaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk pemberantasan secara tegas, sehingga efektif dan efesiensi serta efek jera bisa dilakukan.

Sementara itu, Wakapolres Tubaba selaku Ketua Pelaksana mengatakan, Rakor ini adalah bertujuan membentuk Satgas Saber Pungli di Tubaba agar dapat berjalan sesuai ketentuan.

“Oleh karenanya, pelanggaran praktik KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) dapat kita cegah sekecil mungkin, dengan cara kita perbanyak melakukan kegiatan preventif atau pencegahannya terlebih dahulu seperti sosialisasi, pembinaan, dan sebagainya hingga ke tingkat tiyuh (desa),” harapnya.

Namun lanjut dia, jika masih didapat oknum yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut, tentunya akan kita tindak tegas dengan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap obyek yang bersangkutan.

Menanggapi itu, Pabung Kodim 0412/LU, mewakili dari pada jajaran TNI mendukung apa yang dilakukan dalam kegiatan Satgas Saber Pungli Tubaba.

“Jika dibutuhkan anggota untuk membantu dalam pelaksanaan tugas Saber Pungli di Tubaba akan kita dukung sepenuhnya, dengan hal tetap berkoordinasi dengan pihak terkait,” Imbuhnya.(Advetorial)