SDN 1 Way Lunik Bentuk Siswa Berkarakter dan Berakhlak

oleh -530 views

BANDAR LAMPUNG–Dalam proses belajar mengajarnya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Way Lunik, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung memprioritaskan pada pembentukan siswa yang berkarakter dan berakhlak.

Hal ini sejalan dengan visi misi sekolah yakni, Visi: unggul dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa. Sedangkang misinya : menumbuhkan semangat keunggulan dalam segala bidang, berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut, memiliki rasa bangga terhadap bangsa dan tanah air, mengembangkan kemampuan dan ketrampilan melalui pengalaman langsung sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, memberi keteladanan PHBS dilingkungan sekolah.

“Kita ingin membentuk siswa yang berkarakter dan berakhlak,” kata Kepala SDN 1 Way Lunik, Adi Purwono, S.Pd, kepada rakyatlampung.id, Kamis (18/02/2021).

Adi menuturkan, pembentukan karakter selain dilakukan lewat pelajaran umum juga dilakukan melalui Ekstra Kulikuler (Ekskul) Taman Pegajian Alquran (TPA) yang diadakan sekolah. Dengan begitu siswa lulusan SDN 1 Way Lunik dipastikan telah pandai mengaji dan sholat.

“Sejak berada kelas IV, siswa kita berikan ekskul TPA, disana kita ajarkan siswa mengaji dan sholat, sebagai modal dasar bagi siswa setelah lulus dapat menjadi sosok yang agamis dan berakhlak baik,” pungkasnya.

Tak hanya itu, sekolah yang didirikan sejak tahun 1965 ini juga memberikan ekskul lainya untuk membantu mengembangkan bakat siswa-siswinya, diantaranya pramuka, kesenian dan tari-tarian, renang, badminton, taekwondo, sepak bola, serta berbagai cabor atletik lainya.

“Banyak prestasi yang telah diraih anak-anak kita, seperti juara 2 renang putra, juara 3 renang putri, juara 3 putra badminton, juara 3 lomba adzan, dan juara 2 pionering. Semuanya diraih tahun lalu pada lomba tingkat SD Kecamatan Panjang,” Adi memaparkan.

Adi berharap meski saat ini belajar mengajar dilakukan melalui online, siswanya dapat tetap aktif, ia memastikan pihak sekolah siap menjembatani kebutuhan belajar siswa.

“Tidak semua wali murid dapat memfasilitasi anaknya belajar lewat online, karena beberapa diantaranya tidak memiliki handphone. Kita tetap memberikan materi belajar kepada siswa, wali murid bisa datang langsung ke sekolah mengambil tugas belajar anaknya, dengan prokes ketat tentunya,” timpalnya.

Mengulik lebih jauh, saat ini, sekolah yang berlokasi di Jalan HI M Salim, Kelurahan Way lunik ini memiliki 17 orang tenaga pengajar (10 PNS, 7 Honorer) yang bertugas membimbing 280 orang murid yang dibagi dalam 11 rombongan belajar (rombel) dan 11 ruang kelas.

Dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, seperti, perpustakaan, ruang belajar, ruang guru, kantor UKS, lapangan upacara, parkir dan lainya, sekolah ini dapat direkomendasikan menjadi pilihan utama bagi siswa yang berdomisili di Kelurahan Way Lunik dan sekitarnya.

Meski begitu, mengingat kondisi infrastuktur bangunan sekolah yang sudah berusia lebih dari setengah abad, tentu beresiko dan tak bisa diabaikan begitu saja, dirasa perlu mendapat perhatian guna rehabilitasi dan pembaruan gedung.

“Sebagian atap bangunan masih menggunakan asbes lama dan kayunya pun sudah mulai banyak yang lapuk. Kita sudah mengusulkan untuk perbaikan, semoga saja menjadi perhatian dan bisa segera dilakukan rehab demi kenyamanan dan kelancaran proses belajar mengajar,” ujar Adi mengakhiri.(ibr)