Rumah Dikuasai Keluarga Mendiang Suami, Janda Tua di Pesawaran Terlunta-lunta

oleh -87 views

PESAWARAN–Konflik atas hak waris masih menjadi permasalahan yang kerap terjadi di masyarakat, mulai dari sengketa hak milik hingga persengketaan para ahli waris.

Seperti yang dialami Dewi Handayani (54), warga Desa Taman Sari, Gedong Tataan, dirinya mengalami permasalahan hak kepemilikan rumah yang puluhan tahun ia tempati bersama mendiang suaminya.

Janda paruh baya ini menceritakan kepada wartawan permasalahan yang dialaminya, bermula saat suaminya meninggal pada Januari 2020 lalu, setelah suaminya tiada, rumah yang mereka tempati selama puluhan tahun tiba-tiba saja dikontrakkan oleh keluarga suaminya tanpa sepengetahuan dirinya.

“Setelah suami saya meninggal, rumah yang saya tempati tiba tiba saja dikontrakkan ke orang tanpa sepengetahuan saya, itu yang ngontrakinnya ke orang adik ipar saya mas ” ungkapnya, dikediaman orang tuanya, di Desa Kebagusan, Pesawaran,Selasa (01/12/2020).

Dewi menceritakan, dirinya terpaksa menumpang dirumah orang tuanya semenjak rumah miliknya tidak bisa lagi ditempati.

“Saya sekarang harus numpang ke rumah orang tua mas, karena rumah saya sama almarhum suami udah ada yang nunggu, duit kontrakanya juga bukan ke saya,” lirihnya.

Dewi mengaku, sebenarnyaa dia tidak pernah berniat untuk meninggalkan rumah yang telah ditempati selama puluhan tahun tersebut, namun tak lama setelah suaminya meninggal, listrik dirumah itu iba tiba diputus.

“Enggak lama setelah suami saya meninggal dunia, listrik saya ada yang mutusin, karena gelap saya ngungsi ke rumah orang tua, tapi pas mau kembali ternyata sudah ada orang yang nempatin mas,” ucapnya.(Sur).