Mengenal Lebih Dekat SDN 1 Srengsem

oleh -79 views
Kepala SDN 1 Srengsem, Haryadi, S.Pd

BANDAR LAMPUNG–Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Srengsem merupakan salah satu sekolah dasar unggulan yang banyak berhasil mencetak siswa-siswi berprestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik.

Sekolah ini didirikan pada tahun 1977. Saat ini sekolah memiliki 503 orang murid, dengan 27 orang tenaga pengajar (8 orang PNS dan honorer). Sekolah juga dilengkapi sarana dan prasarana seperti, Mushola, Aula, Perpustakaan, Ruang Guru dan Kepala Sekolah, serta sarana penunjang lainya.

Dengan banyaknya jumlah murid, ditengah minimnya ketersediaan ruang kelas yang hanya ada 9 lokal, memaksa pihak sekolah membagi jam masuk siswanya menjadi tiga shift (Pagi, Siang, Sore).

Sekolah yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung ini, sepatutnya mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kota Bandar Lampung, untuk rehabilitasi bangunan dan penambahan ruang kelas baru. Mengingat kondisi bangunan yang tergolong sudah tua, juga akan kebutuhan belajar siswa.

Selain pelajaran umum, pihak sekolah juga memberikan pelajaran Ekstra Kulikuler (Ekskul) seperti, Pramuka, PBB, TPA, Sepak Bola, Volli, Atletik, Bulu Tangkis dan berbagai cabor lainya.

TPA adalah salah satu Ekstra Kulikuler (Ekskul) yang patut dibanggakan pihak sekolah. Lantaran berbagai prestasi mampu ditorehkan siswa-siswinya dalam berbagai ajang lomba yang diikuti. Baik tingkat Kecamatan maupun Kota Bandar Lampung.

Teranyar, siswa-siswi SDN 1 Srengsem mampu menjadi Juara Da’i Cilik Putra, Cermat, Juara 2 Adzan, dan Juara 1 Saritilawah.

“Itu diraih anak-anak di tahun 2019 kemarin. Tahun 2020 lomba ditiadakan karna pandemi,” ungkap Kepala SDN 1 Srengsem, Hariyadi S.Pd, kepada rakyatlampung.id, Jum’at (28/11).

Tidak hanya itu, dalam olahraga, seni budaya dan ketrampilan pun banyak prestasi yang berhasil diraih. Diantaranya, Juara 2 Lomba Gambar Bercerita, Juara 3 Kids Atletik, Juara Harapan 1 Matematika (Olimpiade Sains Nasional), dan Juara 1 Pantomim, serta masih banyak prestasi lainya. Ini terlihat dari banyaknya piala yang tersusun rapih dalam lemari penyimpanan milik sekolah.

Menghadapi tantangan globalisasi dan untuk memenuhi kebutuhan maupun tuntutan Manajemen Berbasis Sekolah (KBS), dalam menjalankan proses belajar mengajarnya, SDN 1 Srengsem mempunyai visi, misi dan motto yang jelas.

Visi:

Mewujudkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang berkualitas dibidang akademis dan suasana yang amany bersih, sejuk, dan indah dengan menerapkan pola hidup yang santun, beriman, tertib, disiplin, dan kekeluargaan.

Misi:

  1. Menciptakan suasana belajar yang memungkinkan siswa berprestasi dan kreatif dengan dilandasi dengan iman dan taqwa kepada Tuhan YME, serta memiliki budi pekerti luhur.
  2. Mengembangkan dan menerapkan hasil inovasi pendidikan untuk memacu peningkatan prestasi belajar siswa.
  3. Meningkatkan efektifitas belajar mengajar melalui daya dukung SDM guru dan sarpras untuk pencapaian hasil belajar secara optimal.
  4. Mengembangkan bakat dan minat anak didik dalam bidang seni budaya dan ketrampilan, atau life skill lainya serta olahraga.
  5. Meningkatkan partisipasi aktif orang tua siswa, dan masyarakat serta stake holder lainya secara moral maupun materil dalam upaya peningakatan kualiras sekolah.(ibr)