KTKBM Pelabuhan Panjang Komitmen Sejahterakan Anggotanya

oleh -108 views
Ketua KTKBM Pelabuhan Panjang, Agus Sujatma

BANDAR LAMPUNG–Pengurus Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (KTKBM) Pelabuhan Panjang terus melaksanakan transformasi internal, guna meningkatkan kualitas tata kelola dan manajemen keuangan koperasi. Transformasi ini juga bertujuan melaksanakan program lebih transparan untuk kesejahteraan anggotanya.

Ketua KTKBM Pelabuhan Panjang, Agus Sujatma menyatakan, transformasi peningkatan kualitas tata kelola dan manajemen itu difokuskan pada penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, hingga asas keadilan atau fairness. Seluruh program yang dijalankan, pengurus sadar bahwa harus melakukan pembenahan dari sisi fundamental.

“Pembenahan disisi internal ini dapat dipahami sebagai upaya dan itikad baik pengurus dalam menjalankan program untuk kesejahteraan anggota” tutur Akang, sapaan akrabnya, Senin (30/11).

Diuraikan Akang, saat ini pihaknya juga fokus pada program pembangunan seribu rumah untuk buruh. Dimana program itu ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada anggota KTKBM Panjang yang belum memiliki rumah agar dapat memiliki hunian yang layak.

“Kita targetkan tiga tahun rampung pembangunanya,” tukasnya.

Selain itu, persoalan BPJS yang sempat bermasalah akibat kesalahan manajemen yang dilakukan pengurus sebelumnya juga terus dibenahi pihaknya. Sebab sejauh ini masih ada sekitar 250 orang anggota KTKBM yang belum terdaftar di BPJS.

“Anggota KTKBM Panjang berjumlah 1221 orang, saat ini ada sekitar 250 orang yang belum terdaftar di BPJS karena kesalahan dari pengurus lama. Dalam RAT nanti akan kita bahas dan kita upayakan agar seluruh anggota dapat terdaftar di BPJS,” terangnya.

Masih kata Akang, meski belum terdaftar di BPJS, pihaknya tetap memikirkan nasib para anggotanya. Ia mencontohkan, pengurus tetap menyalurkan santunan kematian kepada ahli waris anggota yang meninggal dunia.

“Beberapa waktu lalu kita salurkan santunan kematian sesuai nilai dari BPJS kepada ahli waris anggota KTKBM yang meninggal dunia,” tukasnya menambahkan.

Ia berharap dengan terus melakukan pembenahan diberbagai sisi dapat meningkatkan kesejahteraan anggota, “Ya, kita sih semaksimal mungkin bekerja demi kesejahteraan anggota,” ujar Akang menyudahi.(ibr)