Kelurahan Panaragan Jaya Memiliki Program Bank Sampah

oleh -57 views

PANARAGAN— Guna menciptakan lingkungan yang sehat dan hegenis serta memanfaatkan sampah plastic yang ada di lingkungan masyakarat, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat(Tubaba), memiliki program bank sampah tingkat Rw.

Dikatakan Rilman Lurah Panaragan Jaya, program bank sampah tersebut, diluncurkan akhir tahun 2020 lalu. Saat ini  telah berjalan untuk memaksimalkan program itu pihaknya mencoba untuk mensosialisa kan kepada seluruh kepala RW agar dapat menjalankan program tersebut dengan maksimal.

“Ya akhir tahun 2020 kemarin kita sudah coba program bank sampah ini di RW 02 dan RW 07 untuk hasilnya sendiri alhamdulilah sampah-sampah dilingkungan RW tersebut dapat di manfaat kan menjadi barang yang bernilai ekonomis,”kata Rilman saat di temui di ruangannya senin, (10/1) kemarin.

Untuk sistem kerjanya sendiri kata dia, yang mengumpulkan sampah itu sndri akan melibatkan anak-anak  muda, jadi pihaknya akan membentuk kelompok yang ada di RW masing-masing, untuk tugas masing-masing kelompok ini di jadwalkan setiap minggu mendatangi setiap rumah warga untuk mengepul sampah yang ada di rumah warga baik sampah organik dan non organik yang langsung di pisahkan.

“Setelah terkumpul sampah-sampah plastic itu akan kita jual, untuk hasil penjualan itu sndri sepenuhnya di kelola oleh RW masing-masing, seperti halnya ada kegiatan maka dapat menggunakan duit dari hasil sampah itu sndri,”ujarnya.

Bahkan lanjut dia pihaknya menawarkan kepada masyarakat untuk dapat mengepul secara mandiri sampah tersebut, karena RW masing-masing sudah siap untuk menampung dan membayar sampah plastic yang telah di kumpulkan oleh masayarakat itu sndri.

“Saya juga menawarkan kepada masyarakat untuk dapat mengumpulkan sampah plastic di masing masing rumah, setelah terkumpul kita siap membayar sampah plastik tersebut. Kita juga saat ini sedang mensosialisasi kan kepada warga untuk dapat memisahkan sampah organik dan non organik, dan saya berharap kepada masyarakat agar secara bersama sama kita menyadari bahwa sampah itu dapat di manfaatkan menjadi sumber penghasilan,”harapannya.