Intip Desa Kurungan Nyawa Pesawaran Dahulu dan Sekarang

oleh -150 views
Yuwansyah, Kepala Desa Kurungan Nyawa

Pesawaran – Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedong Tataan yang merupakan Desa bagian dari Kabupaten Pesawaran Lampung merupakan pintu gerbang keluar masuk ke Bandar Lampung, sebab letaknya di perbatasan dengan Kecamatan Kemiling Kotamadya Bandar Lampung.

Nama Kurungan Nyawa di sebagian anggapan masyarakat, merupakan desa yang menyeramkan. Padahal tidak demikian yang berlaku.

Yuwansyah Kepala Desa Kurungan Nyawa di kantor Desa, Sabtu (01/05) saat berbincang dengan Media ini mengatakan bahwa Kurungan Nyawa ini di zaman Belanda dulu tempatnya orang bersembunyi dari kejaran Tentara Belanda.

” Zaman dulu ketika orang di kejar oleh Tentara Belanda banyak yang lari dan bersembunyi di Desa Kurungan Nyawa ini mas. Ya memang dulu ada anggapan dari sebagian masyarakat diluar bahwa di Desa Kurungan Nyawa ini daerahnya rawan, sering terjadi kejahatan perampokan di sepanjang jalan raya. Akan tetapi lambat laun anggapan negatif tentang Desa Kurungan Nyawa hilang dengan sendirinya dengan semakin majunya zaman, “ungkapnya.

Lanjut Yuwansyah, ” Alhamdulillah Desa Kurungan Nyawa yang sekarang jauh berbeda dengan yang dulu. Sekarang Desa Kurungan Nyawa sudah di kelilingi oleh Perumahan baik subsidi ataupun non subsidi, sehingganya juga semakin melonjaknya pertambahan penduduk. Kemudian di sepanjang jalan utama juga terlihat para pedagang berjualan hingga malam hari, menambah semakin geliatnya perekomomian masyarakat sekitar, ” imbuhnya.

” Untuk warga di Perumahan memang banyak yang belum memiliki KTP Desa Kurungan Nyawa hanya mengurus surat Domisili saja, alasan dari sebagian warga perumahan bahwa mereka masih bertahan dengan KTP Bandar Lampung, disebabkan karena untuk kemudahan anak-anak mereka sekolah dengan diterapkannya system Zonasi, ” pungkasnya. (Sur).