Ditandai Peletakan Batu Pertama, Gedung Pengadilan Agama Tubaba Resmi Dibangun

oleh -9 views

PANARAGAN –-pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama adalah dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan keberadaan instansi vertikal di Tulangbawang Barat (Tubaba),bukan hanya menjadi tempat perceraian.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat (PJ) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Dr.Zidirina,S.E.,M.Si, pada kesempatan peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama Tulangbawang Tengah Kabupaten Tubaba, Selasa (21/6/2022) pukul 10.00 Wib.

Pada kesempatan tersebut dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I., beserta rombongan, Forkompimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta tamu undangan lainnya.

“Saya berharap, agar Pengadilan Agama nantinya bukan hanya menjadi tempat perceraian, tapi harus dapat menjadi tempat memberikan keadilan bagi kedua pihak yang berselisih.” Ujarnya.

Lanjut dia adapun seperti penyelesaian perkara hibah, waris, sengketa harta bersama, perlindungan hak perempuan dan anak pasca perceraian, sedapat mungkin diupayakan penyelesaiannya melalui jalur mediasi oleh pengadilan, sehingga permasalahan tidak menjadi berkepanjangan.

“Semoga Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tubaba ini dapat membawa kemanfaatan yang luas bagi masyarakat. Dengan adanya Pengadilan, Saya yakin ke depan masyarakat dapat semakin sadar hukum.” Terangnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Tulangbawang Tengah, Risman Hasan, S.H.I M.H.I, menerangkan wilayah hukum Pengadilan Agama Tulangbawang Tengah ini adalah seluruh wilayah Tubaba.

“Dalam pembangunan pengerjaan bangunan ini, dilaksanakan di lahan seluas 1 Hektar yang bertempat di Komplek Perkantoran Pemda Tubaba, mulai kontrak sejak 31 Mei 2022 lalu, dan dikerjakan oleh PT.Indokarya Mitra Utama selama 200 hari kalender.” Ungkapnya.

Bangunan ini dua tingkat, dengan menggunakan APBN 2022 sebesar Rp.18.218.555.746,86. Secara fisik direncanakan selesai akhir 2022, tetapi ada kebijakan dari Pemerintah Pusat dengan 2 tahap, tahun ini 80 persen dan tahun depan sisanya 20 persen.

“Sarana lingkungan dan fasilitas penunjang akan kami usulkan ke Mahkamah Agung agar dapat dianggarkan di tahun mendatang. Dan untuk saat ini kita masih berkantor di jalan Suway Umpu Kelurahan Panaragan Jaya.” Imbuhnya(ADV)