BUMD Pesawaran Optimalkan Pemasaran Produk Lokal Lewat Gedung Kemilau

oleh -74 views
Manager Station Operasional Produksi Gedung Kemilau, Dita Anggraini

BANDAR LAMPUNG–Untuk mengakselerasi pemasaran hasil produksi pertanian, perkebunan dan perikanan serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerahnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran melalui BUMD mengoptimalkan pemasaranya lewat Gedung Kemilau, di Bandar Lampung.

Gedung Kemilau merupakan Kantor BUMD Pesawaran Cabang Kota Bandar Lampung, sebagai tempat kegiatan bisnis dan networking. Juga Gallery untuk memasarkan dan menjual produk-produk yang dihasilkan BUMD, BUMDes, KOPERASI, KUBE, UMKM dan KWT yang ada di Pesawaran.

Gedung Kemilau yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona itu bertempat di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Srengsem, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.

Selain pemasaran, BUMD juga melakukan pengolahan, pengemasan, dan sebagainya, sehingga UMKM Kabupaten Pesawaran bisa lebih berdaya saing.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah lewat BUMD untuk hadir melayani masyarakat. Dalam kerangka itulah, Gedung Kemilau ini ditujukan untuk membantu memasarkan hasil-hasil produk lokal Pesawaran, sehingga pengerajin tidak lagi bingung memasarkan hasil produksinya,” terang Manager Station Operasional Produksi Gedung Kemilau, Dita Anggraini, Selasa (24/11).

Menurut Dita, produk lokal khas Kabupaten Pesawaran itu banyak. Namun belum terlalu terkenal baik di lokal maupun nasional. Hal itu karena pengembangan dan pemasaranya belum maksimal.

“Di Gedung Kemilau kita memasarkan produk lokal Pesawaran agar dapat dikenal luas. Juga agar masyarakat dari luar daerah bisa mendapatkan dengan mudah, enggak harus datang ke Pesawaran untuk mendapatkanya, karena telah dipasarkan lewat Gedung Kemilau,” ucapnya.

Produk BUMD Pesawaran yang dipasarkan diantaranya, garam spa, kopi, cokelat, minuman jahe, sabun pencuci piring, beras, dan hasil perikanan lainya, “Untuk kopi kita pasarkan tiga jenis kopi yakni, kopi premium cap badak, kopi andan jejama, dan kopi andalan,” tukasnya menambahkan.

Selain itu, kata dia, Gedung Kemilau juga digunakan sebagai pusat informasi aneka potensi Kabupaten Pesawaran pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya. Baik pada sektor pariwisata, agribisnis, agroindustri, teknologi, dan lain-lain.

“Disini juga ada Cafe dan Resto yang menyajikan hasil perkebunan, peternakan, nelayan dan hasil dari industri UMKM lokal. Dengan menu andalan kita disini ada lobster hasil tangkapan nelayan dari pulau Leguni,” bebernya.

Ia menyebut, tempat itu juga disiapkan sebagai Home Stay keluarga, yang bisa digunakan untuk menginap para wisatawan/pelancong yang akan berwisata ke Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawaran, “Selain itu, kita juga menyediakan Mini MICE (Meeting, Intensif, Coonfrence, Entertainment) dan E-Working Space untuk para kawula muda. Silahkan datang kesini, kita buka mulai pukul 10:00 WIB sampai pukul 22:00 WIB setiap harinya,” urainya mengakhiri.(ibr/sur)