Bentuk Sentra Lobster, Unila Siap Kolaborasi dengan Pemprov Lampung dan IPB

oleh -38 views

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk membentuk sentra lobster.

Hal ini disampaikannya dalam rapat bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin (30/10/2023).

Prof. Lusmeilia menyatakan, Unila telah melakukan penelitian tentang lobster dan beberapa penelitian tersebut berada di fakultas pertanian.

Ia meyakini, beberapa penelitian budidaya lobster yang sudah berlangsung di Unila sejalan dengan target Pemerintah Provinsi Lampung.

Sesuai dengan target yang dicanangkan Gubernur Lampung, Unila siap menghimpun beberapa peneliti tentang lobster agar upaya Lampung sentra lobster terwujud.

Hal ini dibuktikan dengan pendanaan tentang penelitian khusus lobster juga telah disiapkan.

“Unila akan mengumpulkan beberapa peneliti yang melakukan penelitian tentang lobster berikut dengan pendanaan penelitiannya. Unila juga siap membantu menjadikan Provinsi Lampung sebagai sentra lobster,” ujarnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan tugas kepada Unila bersama-sama dengan IPB dan Pemprov untuk membentuk tim percepatan merealisasikan hal tersebut.

Arinal menyatakan, Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat baik dalam bidang budidaya lobster. Potensi benur lobster yang melimpah di Lampung menjadi salah satu potensi yang harus dimanfaatkan dengan tetap mempertahankan niat lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap target ini dapat terealisasi dan dikembangkan, karena pemerintah berupaya agar hal ini dapat menguntungkan terutama bagi rakyat,” ujarnya. (Red)